Senin, 10 Agustus 2015

Proklamasi

Pencetus Kata ‘Proklamasi’






Mengapa saat pembacaan naskah kemerdekaan kata-kata “proklamasi” lah yang digunakan untuk menegaskan bentuk kemerdekaan yang telah diraih ? mengapa tidak menggunakan kata-kata maklumat atau deklarasi dan lain sebagainya ? padahal di negara-negara lain kata yang digunakan untuk menegaskan kemerdekannya adalah ‘deklarasi’.
            Ternyata, menurut sejarah yang tercatat, nama ‘proklamasi’ di cetuskan oleh Iwa Kusumasumantri yang sebelumnya disebut ‘maklumat’ oleh Soekarno. Kata proklamasi ini dipilih berdasarkan maknanya yang berarti tidak hanya pernyataan tapi juga penegasan yang membuat pendengarnya merasa terlibat, sedangkan kata ‘deklarasi’ memiliki arti pernyataan secara sikap. Maka dari itu, kata ‘proklamasi’ digunakan sebagai bentuk penegasan telah diraihnya kemerdekaan.

Teks Proklamasi

§  §  Naskah Asli





§  §  Naskah autentik



§ 
§ 
Tugas membuat teks proklamasi

Proklamasi

            Atas nama berkat rahmat Tuhan Yang Maha Esa, kami putra bumi pertiwi, dengan liku tak bertepi, menegaskan tiap-tiap jiwa rakyat Indonesia telah merdeka, terlepas dari kekang kekuasaan dan menentukan nasibnya sendiri.
            Dengan ini, terbayarlah darah pejuang Indonesia yang mewariskan tanah air yang makmur, mandiri dan berkesejahteraan rakyat.

Aceh, 04-05-1945
Atas segenap jiwa-jiwa bangsa Indonesia
Darah kami tak sudi dijajah









Soekarno                                                                                Hatta


Note : ternyata membuat teks proklamasi yang singkat, padat, jelas dan sesuai dengan tujuan dan komponen-komponennya tidak semudah dibayangkan, dibutuhkan imajinasi agar kita merasa seperti berada acara pembacaan teks proklamasi, agak teks yang dibuat bisa tersusun dengan baik.

Bikin teks kemerdekaannya aja susah, apa lagi berjuang untuk kemerdekaan...
Mari kita jaga kemerdekaan dan warisan yang telah diperjuangkan oleh para pejuang !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar