Rabu, 26 Agustus 2015

Abdul Kadir Widjojoatmdjo (Delegasi Belanda)

Abdul Kadir Widjojoatmodjo
(Delegasi Belanda ?)




Pada tanggal 17 Januari 1948, diadakan penandatanganan perjanjian Renville, atau perjanjian antara Indonesia dan Belanda di atas geladak kapal perang Amerika Serikat sebagai tempat netral. Perundingan ini dimulai pada tanggal 8 desember 1947 dan ditengahi oleh Komisi Tiga Negara (KTN), Committee of Good Offices for Indonesia, yang terdiri dari Amerika Serikat, Australia dan Belgia.

        Pada perjanjiar terbsebut, masing-masing negara mengutus satu orang yang ditunjuk sebagia delegasi Negaranya. Delegasi Indonesia dipimpin oleh Perdana Menteri Amir Syarifuddin Harahap. Delegasi Kerajaan Belanda dipimpin oleh Kolonel KNIL, Abdulkadir Widjojoatmodjo. Delegasi Amerika Serikat dipimpin oleh Frank Porter Graham.

       Mungkin kalian akan bertanya-tanya, mengapa Delegasi Belanda Abdul Kadir Widjojoatmodjo, yang dari namanya pun kita dapat menyimpulkan sendiri bahwa ia adalah orang Indonesia ?

           Abdul Kadir Widjojoatmodjo adalah  utusan delegasi dari pihak Belanda dalam perundingan Renville. Abdulkadir yang menandatangani perjanjian ini mewakili pihak Belanda. Kenapa Belanda memilih R. Abdul Kadir Wijoyoatmojo ? karena mereka mau menunjukkan ke dunia Internasional bahwa Indonesia sudah dalam kendali Belanda, dominasi Belanda sudah sampai ke akar rumput, jelas ini taktik Belanda. Keadaan pada saat itu sangat membingunkan, siapa kawan siapa lawan. Tetapi, Indonesia punya Juru Runding seperti Mr. Amir Sjariffudin, jadi Indonesia tidak hilang dari Negara-negara dunia. Belanda berkeinginan Indonesia dirubah laigi menjadi Netherland Indie, dengan kondisi Belanda yang unggul militer, mempunyai pengaruh barat, maka politik dengan Belanda sudah mengakar di Indonesia.

      Setelah kemerdekaan Indonesia, ia terus tinggal di sana. Dia diperlakukan seperti paria dan bermigrasi ke Belanda tahun 1951. Dia meninggal pada tahun 1992 di Den Haag dan kemudian dimakamkan di makam keluarga di Karanganyar.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar