Rabu, 26 Agustus 2015

Pahlawan Dan Nama Jalan

Nama Pahlawan = Nama Jalan (Di Luar Negeri)

Banyak nama jalan yang menggunakan nama-nama pahlawan khususnya di Indonesia, dengan begitu akan mudah mengingat dan mencantumkan alamat jalan tersebut, karena nama jalan juga merupakan suatu unsur yang penting dari alamat atas identitas seseorang.
Namun,  ada beberapa negara yang menggunakan nama-nama pahlawan Indonesia untuk nama jalan di negaranya
Nama pahlawan yang digunakan sebagai nama jalan di negara-negara tersebut tentunya memiliki sejarah tertentu yang berkaitan dengan negara tersebut sehingga mereka menggunakannya sebagai nama jalan sebagai rasa penghormatan dan penghargaan kepada pahlawan tersebut.
Lantas negara apa saja yang menggunakan nama pahlawan Indonesia untuk nama jalan di negaranya? Simak beberapa di bawah ini.
1.        Jalan Soekarno di Maroko

Rue Soekarno, adalah nama sebuah jalan di Maroko sebagai penghargaan kepada Soekarno yang diberikan oleh raja Maroko atas perannya yang mengizinkan kitab karya ulama Maroko yang dijadikan bahan rujukan wajib di berbagai pesantren di Indonesia.
2.        Jalan Soekarno di Mesir

     Pemimpin Mesir kala itu, Gamakk Abdel Nasser memeberikan penghargaan kepada Sokarno dengan membuat nama jalan di Mesir dengan nama Ahmad Soekarno St. atas hubungan baik antara Indonesia dan Mesir. Bahkan hubungan biak ini sampai tercetus di Konferensi Asia Afrika di Bandung. Dan nama Ahmed di depan nama Soekarno tersebut diberikan oleh para mahasiswa Indonesia yang belajar di Mesir untuk menegaskan bahwa Soekarno adalah seorang Muslim.

3.     Jalan R.A. Kartini di Belanda
R.A. Kartini adalah pahlawan yang memperjuangkan harkat dan martabat para perempuan dengan karyanya “Habis Gelap Terbitlah Terang” yang disusun oleh Menteri Kebudayaan Agama Dan Kerajinan Hindia Belanda saat itu. Kemudia kerajaan Belanda memberikan penghargaan kepada Kartini dengan membuat nama jalan dengan R.A. Kartinistraat. Tidak hanya 1 buah tapi 3 buah jalan di Belanda menggunakan nama Kartini.
4.     Jalan Mohammad Hatta di Belanda
     Pahlawan lainnya yang diabadikan sebagai nama jalan di Belanda adalah mantan Wakil Presiden RI, Mohammad Hatta atas peran pentingnya pada kemerdekaan Indonesia dengan nama jalan Mohammad Hattastraat
5.     Jalan Munir di Belanda
Baru-baru ini di Belanda mengangkat seorang pejuang hak asasi manusia dari Indonesa dan mengabadikannya sebagai nama jalan. Adalah Munir Said Thalib, seorang pejuang hak-hak asasi manusia Indoneisa yang meninggal dalam perjalanannya menuju Amsterdam, Belanda karena keracunan makanan. Nama Munir dijadikan nama sebuah jalan dengan nama Munistraat.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar